SEBERAPA PEDULIKAH KITA?

TIDAK BISA MELANJUTKAN PENDIDIKAN, TINGGAL DI KAMPUNG JADI SEORANG PENGGEMBALA KERBAU.

Makassar 18/05/2016- untuk masalah yang seperti ini mungkin sering kita temukan di lingkungan sekitar kita, untuk kita yang tinggal di perkotaan mungkin jarang kita lihat, bagaimana dengan saudara-saudara kita yang tinggal di daerah terpencil?

inilah sebenarnya yang harus di perhatikan pemerintah. bukan berarti pemerintah selalu di tempatkan di posisi yang serba salah, tapi masyarakat menganggap pemerintah itu sebagai tempat untuk menampung semua Aspirasi, kritikan, dll. makanya salah sedikit langsung dilimpahkan kepada pemerintah.

Kita juga sebagai masyarakat janganlah terus menerus menyalahkan pemerintah. Pemerintah juga Manusia yang punya keterbatasan. tidak semua apa yang terjadi di lingkungan pemerintahannya bisa dengan cepat iya selesaikan. tapi itu semua butuh proses. kita bersyukur kita masih punya pemerintah yang mau memerhatikan keadaan warganya.

ini juga sama dengan keadaan di atas, Kita melihat saudara-saudara kita yang tidak bisa sekolah karena mungkin iya harus bekerja mencari uang untuk hidup, kendala ekonomi, atau mungkin pola pikir orang dimana ia bersosialisasi belum berkembang.

“untuk apa kamu sekolah, kamu dikampung saja menggembalakan kerbau sampai kerbaunya besar, kita jual dan dapat uang”

atau mungkin

“kita tidak punya uang nak, kamu sekolah pun belum tentu nantinya kamu akan sukses”

dan masih banyak lagi pola pikir yang harus di ubah di masyarakat pedesaan terpencil.

ini dia yang harus butuh penanganan yang serius, bukan hanya dari pemerintah tapi kita pun yang sekarang bisa merasakan pendidikan juga harus ikut campur tangan.

Setidaknya ada relawan yang mau membantu saudara-saudara kita yg belum mengenahl pendidikan. anda sebagai pelajar, mahasiswa, pekerja juga bisa ikut ambil bagian. dimulai dari hal kecil saja, kita mengumpulkan buku-buku bekas kita bagikan kepada mereka, atau jika ada waktu luang kita bertemu mereka dan orang tuanya sharing sedikit tentang pendidikan, betapa pendidikan itu penting.banyak cara yang sebenarnya bisa kita lakukan, hanya saja, kekerasan hati kita yang menghalangi kita untuk berbuat kasih. di suatu saat kelak mereka sukses. kembalilah mereka memerhatikan juga sesamanya.

anda tahu betapa bersyukurnya mereka nanti, masih ada tangan sesamaku manusia yang memerhatikan kami di pedesaan.

 

SALAM…

EUNIKE PAKIDING

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s