Pango-Pango (Toraja), Agro Wisata Diatas Awan

Tana Toraja memang banyak menyimpan tempat-tempat wisata menarik yang kurang di ketahui oleh banyak masyrakat Indonesia. Selain banyak memiliki kebudayaan-kebudayaan yang unik, Tana Toraja juga memiliki tempat-tempat wisata alam yang bisa kita nikmati keindahannya. kali ini akan membahas salah satu objek wisata di daerah Pango-Pango, Tana Toraja. Jika anda berencana melakukan liburan ke Tana Toraja, saya merekomendasikan tempat ini sebagai destinasi libuaran anda.
Pongo-pongo merupakan salah satu daerah di Tana Toraja yang berkawasan hutan yang terletak di atas gunung setinggi 1600-1700 DPL. Letaknya sekitar 7 KM dari Makale, ibu kota kabupaten Tana Toraja. Tempat wisata ini sering dijadikan tempat berkemah oleh Pemda setempat. Kawasan hutan ini ditumbuhi tanaman-tanaman perkebunan seperti coklat, kopi, markisa belanda, enau, jagung dan kacang tanah serta banyak sayur-sayuran. Di wilayah tersebut banyak juga ditumbuhi pohon-pohon pinus yang rimbun. Ada 11 gazebo di titik-titik tertentu yang dibangun Pemda sebagai tempat beristirahat para wisatawan.
Pango Pango Tana Toraja
Jika anda sedang beristirahat, perhatikan sekeliling anda. Anda akan takjub dengan keindahan alam yang telah anda lihat. Karena tingginya tempat wisata ini dari permukaan laut, anda akan melihat awan berada di bawah kaki anda. bahkan lebih tinggi lagi bila anda telah tiba di puncak gunung tersebut. Anda akan melihat kota-kota sekitar dengan jelas dari ketinggian tersebut. Ada kota Sangalla, Makale, Ge’Tengan, Rantepao, dan banyak lagi.
Jangan terlalu cepat pergi dari tempat ini. Lebih baik anda menginap atau berkemah di sini. Karena anda akan menikmati indahnya matahari di ketinggian tersebut pada pagi hari saat matahari terbit dan pada senja saat matahari terbenam. Pemandangan indah yang menakjubkan inilah yang menjadi banyak wisatawan lokal di Sulawesi Selatan berbondong-bondong berwisata ke daerah Pango-Pango. Dahulu, di puncak gunung ini konon terdapat sebuah pos penjagaan bekas tentara Jepang pada masa penjajahan dulu. Namun, situs bersejarah tersebut telah rusak karena ulah oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.
Pango Pango Toraja Gazebo
ika anda ingin bermalam di teampat ini, sebaiknya anda tidak lupa membawa perbekalan untuk berkemah salah satunya yang penting adalah tenda kemah. Namun jika anda lupa membawanya, di sana terdapat vila yang di sediakan di tempat wisata tersebut. Pemerintah setempat juga rencananya akan membangun beberapa tempat wisata lagi agar lebih sempurna seperti area berkuda, trekking dan outbound serta kolam renang.
Akses jalan yang masih bergelombang dan berbatu, membuat tempat wisata ini murni wisata alam yang masih jarang di kunjungi dan perlu ditingkatkan. Wisata alam ini sangat cocok bagi anda pecinta trekking. Selain terbuka untuk umum, pemda juga membangun MCK, lapangan parkir dan sarana lainnya untuk membuat pengunjung lebih nyaman berwisata.
Karena banyaknya para wisatawan lokal yang berkunjung, banyak pedagang-pedagang yang juga ingin mendapat keuntungan dari para wisatawan sehingga anda tidak perlu repot-repot membawa bekal. Di sana anda akam menjumpai aneka makanan dan minuman khas suku Toraja seperti Sara’ba, teh dan kopi khas Toraja dan banyak lagi.
Pango Pango Hutan Pinus
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s