Kotornya Lolai Itu Salah Siapa?

KOTORNYA LOLAI ITU SALAH SIAPA?
Lolai sekarang lagi naik daun. Sebagai masyarakat lokal, pasti bangga daerahnya jadi trending topik di dunia traveling. muncul tagline “Lolai, negeri di atas awan” di sosial media manapun, tersebar foto-foto keindahan Lolai yang dipublish oleh mereka-mereka yang sudah pernah mengunjungi tempat itu. Tanpa mereka-mereka ini, tidak mungkin LOLAI akan dikenal oleh orang lain yang ada diluar Toraja. dari survey yang di lakukan di sosial media (instagram, facebook, twitter, BBM, dll) berdasarkan Caption dari mereka yang sudah pernah berkunjung ke daerah itu, ada beberapa hal yang bisa kita bahas:
1. TULISAN DI KERTAS seperti “DAPAT SALAM DARI LOLAI, KAPAN JALAN-JALAN KESINI” kadang mereka menyertakan nama kerabat mereka di situ. ini sebenarnya salah satu cara mereka untuk publishing. nah sekarang muncul:
2. ISTILAH ANAK ALAY, istilah ini muncul dari mereka-mereka yang peduli kepada alam mungkin kita bisa sebut para jiwa pecinta alam di Toraja. JIWA berbeda dengan mereka yang hanya jadi STEMPEL ya. (jika barang mungkin KW) yang geram melihat kelakuan para pengunjung yang hanya datang menikmati tanpa mau menjaga Keindahan yang sudah iya nikmati. dengan membawa kertas yang tlah anda tulis-tulisi kemudian anda buang di sembarang tempat. Tuan Rumah pun Pasti geram melihat Tamu yang datang dan tidak tahu diri.
3. Sebernarnya, Tidak semua pengunjung yang datang Ke Lolai pulang dengan meninggalkan sampah. hanya saja 1 orng yang melakukan semua kena.

Sekarang kalau kita mau saling menyalahkan, itu hanya buang-buang tenaga. yang di butuhkan adalah tindakan dan kesadaran. inti seperti ini, ANDA SUDAH MENIKMATI LOLAI DENGAN GRATIS, NAH BAGAIMANA CARA ANDA UNTUK BERTERIMA KASIH? TUNJUKKAN RASA SYUKUR KITA ATAS APA YANG TELAH KITA NIKMATI DENGAN CARA MENJAGA.

Saya hanya bisa menulis, semoga tulisan saya setidaknya jadi bahan referensi untuk anda. saya tidak mengatakan anda salah dan saya benar, kamu salah dan dia benar. saya pun tidak punya hak untuk menegur anda satu per satu. karena anda semua sudah tahu bagaimna seharusnya manusia normal bertindak.

SALAM LESTARI.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s