“Mata Air Panas” Bittuang Toraja, Wisata Eksotik Unik Dan Bikin Heran

Toraja tidak berhenti hanya sampai pada Kebudayaan dan Kearifan Lokal yang di milikinya. kita berbicara berdasarkan Fakta, Jejak kagum dari Wisatawan Mancanegara dan Domestik sudah cukup menjelaskan Bagaimana Toraja yang Sebenarnya dimata Publik. Belum lagi Ketika kita bicara Soal Dunia Pariwisata Toraja, Selalu ada Hal Baru untuk Kita perbincangkan. Kali ini Toraja Hadir Lagi menyapa dari ketinggian ingin memperkenalkan Wisatanya yang Eksotik dan Unik.

13606540_1036862923069003_6696237632554353113_n
Sumber: Tindok Sarira

Itu apaan? Kok Mendidih? Nah… Ini Dia nih yang kita mau perkenalkan “MATA AIR PANAS” Toraja. Sumber Mata Air Panas ini letaknya berada di Lembang Balla, Kecamatan Bittuang Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan Indonesia (Sebelum dapat Kota Bittuang, Belok Kanan masih ada sekitar 5 KM dari jalan Poros). Untuk Menempuh lokasi tersebut anda butuh waktu +-1,5 Jam dari Pusat Kota Makale. Saat sampai di lokasi anda akan merasakan Bau Belerang yang sangat menyengat.

13528803_1036862939735668_1730680722774418911_n
Sumber: Tindok Sarira

Kok Bisa yaa Di Bittuang Toraja bisa ada Potensi Mata Air Panas? Ini Penjelasan dari Himpunan Ahli Geofisika Indonesia Tentang : Sistem Panas Bumi Buntu Karua Bittuang.

D.I. Setiawan(1),(2) dan N.R. Herdianita(1),(3),(4),*
(1)Pusat Sumber Daya Geologi, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
(2)Program Studi Magister Teknik Panas Bumi, Fakulats Teknik Pertambangan dan Perminyakan, Institut
Teknologi Bandung
(3)Program Studi Teknik Geologi, Fakulats Ilmu dan Teknologi Kebumian, Institut Teknologi Bandung
(4)Kelompok Keahlian Geologi Terapan, Fakulats Ilmu dan Teknologi Kebumian, Institut Teknologi
*Alamat Korespondensi: herdianita@gc.itb.ac.id

ABSTRAK

Pemetaan manifestasi panas bumi di daerah penelitian menunjukkan kehadiran beberapa manifestasi aktif berupa mata air panas dan fumarola di daerah Balla dan Cepeng, serta manifestasi fosil berupa alterasi hidrotermal di daerah Balla dan Kawah. Mata air panas bertemperatur hingga titik boiling, yaitu mencapai 96oC, dan menunjukkan kemunculan fluida reservoir yang telah mengalami pencampuran dengan air kondensat dan air magmatik. Fumarola dan kaipohan muncul sebagai manifestasi panas bumi pada elevasi yang lebih tinggi di daerah Balla. Alterasi hidrotermal tersingkap sebagai zona argilik di sekitar Balla dan zona propilitik pada elevasi yang lebih tinggi, yaitu di daerah Kawah. Lapangan Gunung Karua â?? Bittuang merupakan sistem panas bumi yang berasosiasi dengan Gunung Karua yang berumur Kuarter. Sistem panas bumi ini mempunyai reservoir yang diduga berada pada litologi batupasir dengan temperatur fluida hingga 200°C. Daerah aliran ke atas (upflow) diperkirakan berada di daerah Balla, sedangkan aliran ke samping (outflow) mencapai daerah Cepeng. Alterasi di sekitar Kawah menunjukkan, bahwa fluida panas bumi yang bertemperatur lebih tinggi dahulu muncul di daerah Kawah.

Hasil penelitian ini juga menunjukkan, bahwa Sistem Panas Bumi Gunung Karua Bittuang, Sulawesi Selatan telah berevolusi dari sistem yang dipengaruhi oleh aktivitas volkanik Gunung Karua ke sistem yang juga dipengaruhi oleh struktur geologi di daerah Balla. Aktivitas panas juga telah bergeser dari Kawah ke elevasi yang lebih rendah, yaitu daerah Balla dan Cepeng. Kata kunci: alterasi, hidrotermal, panas bumi, Sulawesi, volkanik.

13533273_1036863006402328_5089302848809814589_n
Sumber: Tindok Sarira

Berikut juga Saya Sajikan:

Profil Kecamatan Bittuang

A.     KONDISI WILAYAH

a.      Sejarah Terbentuknya

Bittuang adalah nama salah satu pohon dan menurut cerita pada masa yang lalu ada seorang asing yang bertanya kepada penduduk setempat nama pohon tersebut dan dijawab oleh penduduk adalah kayu bitti tuang, sehingga sampai sekarang di kenal dengan nama bittuang, dan akhirnya menjadi sebuah Kecamatan yang saat ini bernama Kecamatan Bittuang, yang ibukota kecamatannya terletak di Kelurahan Bittuang. Kecamatan Bittuang di bentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 18 Tahun 2000.

b.      Letak Geografi

Ø  Luas Wilayah

Kecamatan Bittuang terletak di Kelurahan Bittuang yang memiliki luas wilayah 163,27 Km² dengan Koordinat Geografis beerada pada 02°58’33”LS dan 119°40’26” BT.

Ø  Batas Wilayah dibatasi :

–       Sebelah Utara                   : Kabupaten Mamuju

–       Sebelah Selatan                : Kecamatan Malimbong Balepe

–       Sebelah Timur                   : Kecamatan Kurra dan Kecamatan Saluputti

–       Sebelah Barat                    : Kecamatan Masanda

Ø  Tofografi

Kecamatan Bittuang yang keadaan wilayahnya terdiri dari pegunungan mempunyai jarak tempuh 56 Km dari Ibukota Kecamatan ke Ibukota Kabupaten.

c.      Jumlah Kelurahan dan Desa

1.      Kelurahan Bittuang                    9. Lembang Le’te’

2.      Lembang Bau                            10. Lembang Kandua’

3.      Lembang Balla                          11. Lembang Sendana

4.      Lembang Burasia                     12. Lembang Sasa’

5.      Lembang Buttu Limbong        13. Lembang Tiroan

6.      Lembang Kole Palian               14. Lembang Rembo’ Rembo’

7.      Lembang Pali                            15. Lembang Se’seng

8.      Lembang Patongloan

B.     POTENSI UNGGULAN

Kecamatan Bittuang mempunyai Potensi Unggulan yaitu :

1.      Pertanian

2.      Peternakan

3.      Perkebunan

C.     KOMPOSISI KEPENDUDUKAN

         Jumlah Penduduk Kecamatan Bittuang keadaan 28 Februari 2010 tercatat 15.256 jiwa yang terdiri dari laki-laki 7,694 jiwa dan perempuan 7,562 jiwa.

 

 

13700027_934788293297893_6431253644403661486_n

Ada tidak sih Manfaat Berendam di Air belerang yang alami seperti ini ?

  • Dapat mengatasi masalah pada kulit wajah seperti jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang paling menyebalkan dan membuat stress karena sangat mengganggu penampilan. Tapi, telah banyak kosmetik anti acne yang didalamnya mengandung unsur belerang. Karena belerang mengandung senyawa yang dapat membunuh kuman penyebab jerawat. Bisa juga dilakukan dengan langsung berendam di air belerang yang bersuhu 45°C.

  • Mengatasi penyakit kulit

Mungkin masih ada yang beranggapan bahwa air belerang ini dapat menyembuhkan penyakit kulit hanyalah mitos. Namun, sebenarnya telah banyak yang sudah membuktikan kebenarannya termasuk pihak medis. Air belerang ini dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab kulit gatal, luka, kulit bernanah, infeksi, alergi dan lain sebagainya. Dengan berendam di air yang mengandung belerang akan mengurangi bahkan dapat menyembuhkan penyakit-penyakit kulit, seperti kudis, kurap, panu dan lain sebagainya.

  • Dapat menghilangkan rasa nyeri dan menenangkan pikiran

Ternyata berendam di air belerang ini mampu membuat pikiran lebih tenang, dapat melemaskan otot-otot tubuh dan menghilangkan rasa nyeri pada tulang dan tubuh kita.  Karena saat kita berendam di pemandian air yang mengandung belerang, pembuluh darah akan melebar sehingga sirkulasi darah dan oksigen akan meningkatkan. Hal itu dapat membuat pikiran lebih tenang. Selainitu juga berendam dengan air belerang ini dapat menyembuhkan segala penyakit seperti ambeien, rematik, diabetes, kelumpuhan dan lain sebagainya.

Nah itulah beberapa manfaat mineral belerang bagi kulit, ternyata tidak ada salahnya jika kita menyempatkan waktu untuk berendam di pemandian air panas yang mengandung belerang. Terutama bagi yang memiliki masalah pada kulit, semoga bisa teratasi dengan air belerang yang khasiatnya sudah tidak diragukan lagi.

Jika kalian ketempat ini, Senangnya dapat, Manfaatnya juga dapat. Ingat yang para Traveler, Jangan di rusak alamnya kita. Kalau kesana Sampahnya di bawah pulang ya:) Biar Tetap kelihatan bersih dan Alamnya kita terjaga Keasriannya.

VIDEO MATA AIR PANAS BALLA, BITTUANG, TANA TORAJA

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s