Tominaa Cilik Toraja, Ini Video Bocah Cilik Yang Lagi Viral di Sosial Media

Tominaa adalah salah satu Tokoh adat masyarakat Toraja yang dalam kepercayaan leluhur masyarakat Toraja yang disebut Aluk Todolo berfungsi sebagai pendoa dan pemimin pemberian sesajen.

Kada-kada Tominaa adalah rangkaian bahasa sastra Toraja yang biasa disampaikan oleh Tominaa dalam upacara adat Rambu Solo’ dan Rambu Tuka’ di Tana Toraja.

Seperti daerah lain, orang Toraja mempunyai bahasa sendiri yakni Bahasa Toraja yang biasa digunakan sebagi alat komunikasi di rumah atau pergaulan hidup sehari-hari disamping bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Bahasa Toraja terdiri atas dua jenis yaitu bahasa Toraja biasa yang merupakan bahasa Toraja yang digunakan sebagai bahasa pergaulan sehari-hari dan bahasa Tominaa yang sering digunakan dalam upacara adat Toraja.

Bahasa Tominaa berbeda dengan bahasa Toraja yang biasa digunakan oleh masyarakat Toraja pada umumnya sebagai alat komunikasi sehari-hari. Kada-kada Tominaa disebut sebagai bahasa Toraja tingkat tinggi karena kemampuan untuk menyampaikan bahasa ini hanya dimiliki oleh orang tertentu saja dan dalam penyampainnya tidak boleh menyimpang dari situasi atau acara adat yang sedang berlangsung.

Nah, bagaimana jika kemampuan itu sudah dimiliki oleh seorang anak kecil?

beberapa waktu lalu, media di hebohkan oleh video seorang bocah cilik yang sudah bisa berkata-kata layaknya Tominaa.. ini anak kecil loh, makanya video itu mengundang perhatian netizen. banyak komentar yang di lontarkan ada yang menuliskan bahwa “ini adalah bakat alam, bakan yang perlu di kembangkan, tolong difasilitasi,” ada juga yang mengatakan “jarang ada anak kecil seperti ini yang berbakat di bidang budaya, pemerintah tolong di perhatikan” dan masih banyak lagi komentar-komentar dari netizen yang salut dengan kemampuan anak ini.

berikut videonya:

Semoga ini bisa jadi perhatian kita, bahwa anak-anak seperti ini perlu di perhatikan, perlu dorongan, mereka punya bakat dan talenta yang luar biasa yang jarang di miliki oleh anak-anak seusianya apalagi ketika kemampuan itu dalam lingkup budaya, yang jarang dilirik karena faktor internal anak yang sulit untuk menangkap, tapi ini kecil-kecil dia sudah bisa jadi memperagakan kata-kata Tominaa, dia Tomina cilik dari Toraja.

(Penulis: Eunike)

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s