Wow “Cyber Home” Kompleks Hunian Masa Depan Di Toraja?

Pengenalan Cyber Home

Sebagian besar dari kita mungkin belum mengenal apa itu Cyber Home. Saya pun juga baru mengenal tentang Cyber Home. Pertama kali membaca info Cyber Home, Imajinasi saya langsung liar. Apa yang pertama ada dipikiran saya? Karena saya orang Toraja, suka menulis, Dan selalu menyisipkan Toraja dalam Setiap Tulisan-tulisan saya.  Takkk.. saya kali ini akan menulis bagaimana ya? Jika Konsep Cyber Home ada di Daerah saya? Tapi sebelumnya kita kenali dulu apa itu Cyber Home.

Cyber Home jika di terjemahkan lurus ke dalam bahasa Indonesia Cyber Home=Rumah Maya. Eits… Bukan Dunia Maya ya.. tapi ini masih ada hubungannya kok dengan Dunia Maya. Nah, Sebagian besar dari anda yang mungkin penggiat teknologi, ketika mendengar kata Cyber pasti selalu di identikkan dengan “PERETASAN” atau Kejahatan dunia maya, atau perkumpulan kelompok hacker? Ini bukan ya…

Cyber Home sebenarnya adalah sebuah komplek perumahan minimalis yang berbasis internet fiber optic. Apa itu internet fiber optic? Adalah layanan internet kecepatan tinggi yang stabil, handal, dan canggih. Seperti apa itu?

  • Jaringan fiber optic mampu mentransfer data hingga 100 Mbps, jauh lebih cepat dibandingkan jaringan kabel koaksial atau kabel tembaga.
  • Jaringan fiber optic jauh lebih stabil dibandingkan jaringan kabel koaksial atau kabel tembaga pada saat dilakukan akses internet secara bersamaan.
  • Kabel fiber optic lebih tahan dalam kondisi cuaca apapun seperti serangan petir dan gangguan elektromagnetik dibandingkan kabel koaksial atau kabel tembaga.
  • Teknologi fiber optic merupakan teknologi penghantaran data tercanggih dan terbaru yang digunakan dalam layanan fixed broadband.

Jadi, saat ini program internet fiber optik dipadukan dengan konsep perumahan lahirlah Smart Home/Cyber Home. Cyber Home lebih kepada kapasitas bandwith internet untuk melengkapi perangkat digital di dalam rumah sehingga memungkinkan kita bekerja, belajar, berbisnis, dan Rekreasi di Rumah. Dengan itu, kawasan cyber home ini akan mampu menjawab dan memberi solusi internet lamban yang selama ini dikeluhkan sebagian masyarakat Indonesia di rumah mereka.

Apa di Indonesia sudah ada Cyber Home?

Cyberhome telah menghadirkan Kompleks rumah minimalis “ Tamansari Cyber Residence” yang dibangun diatas lahan seluas 13 hektare (Ha) yang berlokasi di Bogor Jawa Barat, dan ini satu-satunya hunian pertama di Indonesia yang berkonsep real cyber home.

sumber dok cyber park indonesia
Tamansari Cyber Residence Bogor/Cyber Home Pertama di Indonesia

PT Cyber Park Indonesia menjalin kerjasama dengan PT Wika Realty, untuk mengembangkan hunian Tamansari Cyber Residence ini, Desain modern type lantai 1 & 2 dengan konsep smart home / cyberhome. Belum lagi Pemilihan Lokasi yang berbackground Alam itu, menjadi daya tarik sendiri.

030217_rumah_bandwidth
Tipe Bandwidth/ Sumber Gambar: Cyberhome.we.id

Kawasan perumahan ini juga memberikan segudang fasilitas lengkap serta penunjang seluruh aktivitas belajar, bekerja, bisnis, rekreasi + Jaringan Internet 100 Mbps – 10 Gbps.  Jadi tiap-tiap rumah sudah di lengkapi Fasilitas Internet yang Super High Speed Dedicated, sehingga mempermudah Si Tuan Rumah untuk Upload dan Download sesuka hati.

020217_rumah_homepage
Tipe Homepage/ Sumber Gambar: Cyberhome.we.id

Disamping itu juga, Konsep Cyber Home Menghadirkan para pakar bisnis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)  terkemuka untuk menjadi mentor dalam belajar, bekerja dan berbisnis karena yang menghuni kompleks tersebut telah dilengkapi server sendiri untuk membuka usaha online di rumah sehingga Kompleks Hunian berkonsep Cyber Home ini menjadi Tempat berkumpulnya para pakar/pengusaha TIK maka secara otomatis Rumah anda dapat dijadikan tempat belajar, sekaligus bekerja,  bisnis dan rekreasi yang produktif berbeda dengan perumahan lain yang hanya sebagai perumahan konsumtif.

Jadi singkatnya rumah kita bisa dijadikan perusahaan startup (perusahaan rintisan digital)bahkan lebih dari itu, dapat dikembangkan sebagai data center berskala UKM. Konsep rumah cyber bahkan mampu bersaing dengan google fiber di Amerika Serikat karena fasilitas akses internet kapasitas besar dan cepat di Indonesia. Karena Di sini, setiap rumah terpasang internet dengan kekuatan riil 100 Mbps dengan upload dan download sama (simetris) dengan opsi IP public. Bahkan, sekarang sudah menuju 1 Gbps setiap rumah, dan sedang upgrade menuju 10 Gbps, sehingga ini satu-satunya kawasan dengan rumah akses internet terbesar di dunia, bukan hanya di Indonesia.

Bisa anda bayangkan, kita yang internetan pakai smartphone dengan paket internet telkomsel flash misalnya yang kecepatannya hingga  14,4 MBps itu sudah lumayan lancar.. gimana yang 100 Mbps macam diatas?

Jadi, Tamansari Cyber Residence ini adalah Konsep Rumah Idaman yang Pas bagi para penggiat Teknologi, apalagi kita yang aktif di Dunia TIK. Melihat lagi, perkembangan yang begitu pesat sehingga lewat internet bisa kita jadi sumber penghasilan jika kita pandai mengendalikannya.

Bagaimana jika konsep “Cyber Home” diangan-angankan di Toraja?

Walaupun Toraja jauh dari Ibukota Negara, bukan berarti kehidupan masyarakat Toraja dan pengetahuan teknologinya dibawah rata-rata ya. Pengetahuan Teknologi tetap di Tingkatkan tanpa harus meninggalkan Kearifan Local Penduduknya. Ya.. seperti kita ketahui bersama bahwa Toraja sangat terkenal dengan SEKTOR PARIWISATA-NYA. Jumlah Wisatawan tiap tahunnya bisa tembus hingga 80.000-90.000 Wisatawan. Nah dari jumlah ini jelas bahwa Publikasi Pariwisata Toraja jika terus di tingkatkan maka akan mempengaruhi juga Pendapatan Daerah itu.

Bagaimana Media Publikasi berkembang adalah tidak lepas dari Fasilitas Internetnya. Karena dunia modern seperti sekarang ini tidak pernah lepas dari Fasilitas Internet. Jika Konsep Cyber Home ada Di Toraja, mungkin belum se-efektif di Taman Sari Residence Bogor ya.. ini kita berangan-angan saja.. Jika Pihak penyedia (PT Cyber Park Indonesia & PT Wika Realty) membangun juga Cyber Home Property di Toraja, ada beberapa kemungkinan yang bisa saja terjadi:

Lolai-300x210
Background Alam Toraja
  1. Kita mengunggulkan Kondisi Alam Toraja seperti Panorama Alamnya yang Indah, Udaranya yang sejuk, Budayanya yang Unik, yang bisa jadi daya Tarik Utama untuk Para Investor untuk berinvestasi bersama CYBER HOME INDONESIA.
  2. Lolai, Pango-Pango atau daerah dataran tinggi yang lain, bisa jadi Titik Pembangunan Kompleks Hunian ini, mungkin bisa saja di jadikan Villa Keluarga untuk Para Investor? Why Not?
  3. Jika kedepannya betul ada di Toraja, Kompleks Kantor dengan Konsep Cyber Home yang dimana dalam satu kompleks itu di huni penggiat-penggiat teknologi di Toraja, misalnya Perusahaan-Perusahaan Berita Online, Publisher Pariwisata, Perusahaan Bisnis Online, Perusahaan Design Grafis dll..
  4. Atau Seperti Ini.. Konsep Cyber Home Ini sediakan Pemerintah kemudian dijadikan “KAMPUNG TEKNOLOGI KREATIF TORAJA” dimana nanti jadi Tempat berkumpulnya komunitas-komunitas binaan pemerintah yang di bentuk sesuai kebutuhan dan SDM di toraja, misalnya:
    • Blok 1 tempatnya para “PUBLISHING PARIWISATA” untuk ke Semua Bahasa
    • Blok 2 tempatnya “Para Designer (Design Grafis, Interior, atau Para Arsitek-arsitek Toraja)”, kemudian
    • Blok 3 mungkin khusus tempat “Marketing Handycraft Toraja (kain tenun, gelang, kalung, gantungan kunci, tikar, tas, topi dll yang menunjukkan ciri khas Toraja)”
    • Blok 4 Mungkin khusus untuk “Marketing Komoditas atau Ole-ole Toraja” misalnya Kopi, Lada Katokkon, Dendeng, Deppa Tori’ dll yang Pengolahannya, Penyajiannya, Packingannya dan Pemasarannya di buat sekreatif dan sehigienis mungkin agar jadi primadona di pasaran.
    • Blok 5 ruang belajar teknologi, perkembangannya dan pemanfaatannya (khusus untuk murid baru)

Jadi, tercipta “KAMPUNG TEKNOLOGI KREATIF TORAJA” yang produktif dan terarah targetnya. Saya rasa jika terus dibina, bisa di bayangkan bagaimana perkembangan Toraja kedepannya. Ini singkatnya, pemerintah punya perusahaan sendiri lewat “KAMPUNG TEKNOLOGI KREATIF TORAJA” laba secara otomatis masuk di pendapatan daerah.

Kita keknya bermimpi terlalu jauh deh? Hihihi.. tidak apa-apa “DIKALO’-KALORAN BANG”

Nah.. karena ini bisnis property, pihak pengembang tentunya harus memikirkan matang-matang dulu bisa tidak pengembangan mereka sampai target jika di daerah A,B,C,D. tapi tidak apa-apa setidaknya saat ini, kita Tahu KONSEP CYBER HOME Itu seperti apa… kan di Bogor sudah adakan?

Nah, jika anda masih penasaran seperti apa itu Cyber Home, atau mau langsung berinvestasi di Taman Sari Cyber Residence Bogor, silahkan kujungi websitenya dengan Klik CYBER HOME

Hasil gambar untuk cyberhome indonesia

Catatan: artikel saya ikutkan dalam Indonesia Guncang Dunia 2 (IGD2)

Maaf jika bermimpi terlalu jauh.. hehehehe

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s