Ayo Bantu Vote, Toraja Masuk Dalam Nominasi Kategori Kampung Adat Terpopuler API 2017

FFSDSDW
Sumber: Design Pribadi

Kabar Bahagia untuk kita Masyarakat Toraja, bahwa Nama kampung kita masuk dalam salah satu nominasi dalam API (Anugerah Pesona Indonesia) 2017. Anugerah Pesona Indonesia adalah Ajang Tertinggi Apresiasi Pariwisata Terpopuler Indonesia dimana Kegiatanini merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap Pariwisata Indonesia. Disamping itu penyelenggaraan API juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak terutama Pemerintah Daerah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerahnya masing-masing.

Ada 15 Kategori dengan diperebutkan oleh tiap-tiap nominasi. Ke-15 Kategori itu adalah

  1. Surga Tersembunyi Terpopuler
  2. Obyek Wisata Bersih Terpopuler
  3. Situs Sejarah Terpopuler
  4. Makanan Tradisional Terpopuler
  5. Tempat Menyelam Terpopuler
  6. Tempat Berselancar Terpopuler
  7. Atraksi Budaya Terpopuler
  8. Festival Pariwisata Terpopuler
  9. Dataran Tinggi Terpopuler
  10. Tujuan Wisata Baru Terpopuler
  11. Kampung Adat Terpopuler
  12. Minuman Tradisional Terpopuler
  13. Obyek Wisata Belanja Terpopuler
  14. Obyek Wisata Unik Terpopuler
  15. Promosi Pariwisata Digital Terpopuler

Saya tadi melihat-lihat Nominasi-nominasi di tiap-tiap Kategori. Untuk Toraja sendiri, sebenarnya kita bisa masuk nomisasi di beberapa kategori seperti Surga tersembunyi terpopuler, kita punya OLLON kan? Trus juga Dataran tinggi terpopuler, kita punya LOLAI kan? Atraksi budaya terpopuler, Kita punya Rambu Solo’ dan Rambu Tuka’ kan? Trus lagi nih, Promosi Pariwisata Digital Terpopuler, kita punya @toraja_id @infotoraja @torajatripadventure dll yang Followersnya tidak kalah sama Nominasi di Kategori itu. Mungkin kita kurang di Publishing ya? Soal potensi kita punya.. tapi tenang,

Suatu kebanggaan tersendiri bahwa, kita bisa masuk di salah satu KATEGORI dimana salah satu Objek wisata kita yaitu “KETE KESU” Toraja Utara masuk nominasi dalam kategori KAMPUNG ADAT TERPOPULER. Nah, kategori ini baru saja ditambahkan di 2017 dalam Anugerah Pesona Indonesia dan Toraja sudah masuk tercatat dalam nominasi. Tentunya, ini adalah suatu kebanggan tersendiri untuk kita Masyarakat Toraja.

MEGALITHIC SITES
Sumber: Design Pribadi
FLASHBACK tentang KE’TE’ KESU’

Kete Kesu adalah suatu desa wisata di kawasan Tana Toraja Dulunya, setelah pemekaran 2008 menjadi objek wisata milik Toraja Utara yang dikenal karena adat dan kehidupan tradisional masyarakat dapat ditemukan di kawasan ini. Di dalam Kete Kesu terdapat peninggalan purbakala berupa kuburan batu yang diperkirakan berusia 500 tahun lebih. Di dalam kubur batu yang menyerupai sampan atau perahu tersebut, tersimpan sisa-sisa tengkorak dan tulang manusia. Hampir semua kubur batu diletakkan menggantung di tebing atau gua. Selain itu, di beberapa tempat juga terlihat kuburan megah milik bangsawan yang telah meninggal dunia.

KETE_KESU

Terletak 4 km di bagian tenggara Rantepao, Kete Kesu terdiri dari padang rumput dan padi yang mengelilingi rumah adat Toraja, yaitu Tongkonan. Sebagian rumah adat yang terletak di desa ini diperkirakan berumur sekitar 300 tahun dan letakknya berhadapan dengan lumbung padi kecil. Tidak hanya terdiri dari 6 Tongkonan dan 12 lumbung padi, Kete Kesu juga memiliki tanah seremonial yang dihiasi oleh 20 menhir. Di dalam salah satu Tongkonan terdapat museum yang berisi koleksi benda adat kuno Toraja, mulai dari ukiran, senjata tajam, keramik, patung, kain dari Cina, dan bendera Merah Putih yang konon disebutkan merupakan bendera pertama yang dikibarkan di Toraja. Selain itu, di dalam museum ini juga terdapat pusat pelatihan pembuatan kerajinan dari bambu. Masyarakat yang hidup di desa ini umumnya memiliki keahlian sebagai pemahat dan pelukis, sehingga selain sebagai objek wisata, tempat ini juga dimanfaatkan untuk menjual berbagai pahatan dan suvernir tradisional Toraja.

Nah, Desa Kete Kesu selain merupakan kawasan cagar budaya dan pusat berbagai upacara adat Toraja yang meliputi pemakaman adat yang dirayakan dengan meriah (Rambu Solo), upacara memasuki rumah adat baru (Rambu Tuka), serta berbagai ritual adat lainnya. Pada bulan Juni – Desember, berbagai upacara dan perayaat adat umumnya dilakukan oleh masyarakat sekita di lokasi ini. Juga Beberapa makam adat terdapatdi Kete Kesu dan sebagian telah ditutup dengan jeruji besi untuk mencegah pencurian patung jenazah adat (tau-tau). Beberapa jenazah dapat dilihat jelas dari luar bersama dengan harta yang dikuburkan di dalamnya. Peti mati tradisional (erong) yang terdapat di desa ini tidak hanya berbentuk seperti perahu, namun juga ada yang berbentuk kerbau dan babi dengan pahatan atau ukiran yang menghiasi.

Kita sudah FLASHBACK lagi tentang KE’TE KESU’ jadi sekarang, waktunya kita untuk VOTE KETE KESU dalam Penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017 sebagai Kategori Kampung Adat Terpopuler (Most Popular Traditional Village)

Bagaimana Caranya?

Ada 2 cara vote KETE KESU Agar menang  sebagai Kampung Adat Terpopuler 2017 dalam Penghargaan Tertinggi Anugerah Pesona Indonesia 2017

  1. VOTE SMS

Ketik: API 11H Kirim SMS Ke 99386 (Tarif  Rp. 2000/sms)

  1. VOTE ONLINE

Untuk Vote Online anda tinggal klik disini masukkan Email Anda, lalu pilih KETE KESU’ lalu klik VOTE

VOTE ONLINE KETE KESU

18835994_1468075713491419_7386432421298998984_n
Sumber: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Toraja Utara

Artikel ini mohon di share ya, agar banyak vote untuk Toraja kita yang Tercinta.

BUKA MATA INDONESIA ITU INDAH

Kurre Sumanga’.. Salama’

image description
Sumber: AnugerahPesonaIndonesia

BACA JUGA:

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s