Ditanya Kapan Menikah? Ini 7 Jawaban Orang Toraja

FB_IMG_1502080513290
Sumber Gambar: @akuphotowork

Pertanyaan kapan nikah adalah pertanyaan maut yang siap menyerang kapan saja, tidak mengenal usia, jabatan, bahkan gaji.. hahahaha. Nah, Tragisnya lagi, bahwa pertanyaan-pertanyaan ini muncul ketika sedang berkumpul dengan keluarga bahkan teman-teman sehingga Anda yang sudah beranjak dewasa bersiaplah masuk kedasar hatimu yang paling dalam untuk nyesek di -3400 Meter dibawah permukaan laut. Karena untuk menghindar tidak mungkin bahkan sampai lelah pun mendengar pertanyaan kapan nikah, kamu tidak akan bisa mengelak. Nah, Jika kalian lahir dari darah Orang Toraja yang sering-sering ngadain pesta, sehingga sering-sering juga berkumpul dengan keluarga, pertanyaan Kapan Nikah tentu jadi ancaman kan? hahaha.. Karena saya juga orang Toraja, berikut 7 Jawaban Orang Toraja ketika di Tanya Kapan Nikah:

  1. “Taek pa Kapua Tedong sia Bai Lan Pangkung”
dekorasitoraja.tomepare-1502076936574
Sumber Gambar: @dekorasitoraja.tomepare

Ini adalah jawaban paling banyak ketika Orang Toraja di Tanya Kapan Menikah, “Kerbau dan Babi Belum Besar, Nanti Kalau Sudah Besar Baru Saya Menikah”, Tutur sebagian besar Anak Muda Toraja. Dengan artian bahwa Kerbau dan Babi adalah hewan yang sangat dekat dengan Masyarakat Toraja (Sosial-Kultura) yang tidak pernah absen dalam setiap ritual adat bahkan Di Toraja Hewan-hewan ini menjadi hewan yang paling banyak di Pelihara Masyarakat Toraja, selain dipelihara untuk dijual, masyarakat juga menjadikannya stok persediaan ketika nanti kedepannya mereka mengadakan Pesta Adat “Tu La di Olain na Pa Lako Te” sehingga tidak usah lagi membeli, cukup dengan memotong hewan peliharaannya sendiri. Kalau belum besar, kita mau potong apa? sedangkan andalan kita untuk menikah adalah Hewan-hewan ini. Hahaha.. Makanya sebagian Anak Muda mengambil Istilah ini sebagai Alasan untuk Lari kenyataan, hahahaha.. kenyataan bahwa belum waktunya menikah. Wkwkwk

  1. “Dau Mu Doloi Tu Kakammu”

socialmediatoraja-1502081382870

“Kakak Saya Saja Belum Menikah, Mendahului Kakak Menikah itu Tidak Boleh”, Tuturnya. Sebagian Masyarakat yang sangat kental dan kuat adat istiadatnya, Pasti masih memeluk Prinsip seperti ini, karena Menikah mendahului Kakak Bisa berdampak juga ke tatanan keturunan keluarga, (diasumsikan semua anak bisa punya keturunan dan subur), jika adik mendahului kakak dan punya anak berarti nenek akan menggunakan nama panggilan dari cucu pertama. Sehingga jika pada kenyataannya itu terjadi, Adik di haruskan memberikan sesuatu kepada kakaknya seperti Emas Dll, Karena Jodoh kita tidak Tahu ya, Mau kakak atau Adik yang Duluan, semua Itu Tuhan sudah Atur, kita mengikuti Prosesnya saja, untuk tetap menghargai Adat.

  1. “Tunggu Tanggal Mainnya”
akuphotowork-1502077310871
Sumber Gambar: @akuphotowork

Jawaban paling Nyentrik ketika di Tanya Kapan Menikah adalah Tunggu Tanggal Mainnya. Alih-alih ingin meledek kepada teman dengan pertanyaan demikian, kok jawabannya terasa seperti ancaman ya? Wkwkwkwk… Pertanyaannya sekarang, ku tunggu sampai tanggal berapa nikahannya? Lettingmu sudah pada nikah tuh… hahahaha

  1. “Tuo Pa Raka Nenekmu?”
gamara_photo-1502081287723
Sumber Gambar: @gamara_photo

Ini untuk cewek-cewek, jangan Shock dengan pertanyaan balik, ketika kamu bertanya kepada pasanganmu; kita kapan nikah? Biasanya, dia akan balik nanya; Nenekmu Masih Hidup ngak? Ini di lontarkan untuk antisipasi perencanaan jangka panjang sebelum dia melamarmu, apalagi kamu Orang Toraja yang punya pesta adat yang mahal, sehingga harus di kalkulasikan dulu Biaya-biaya tak terduga lainnya. makanya pertanyaan-pertanyaan yang nyesek seperti ini di makhlumin aja ya, dia sangat sayang sama kamu kok, makanya bertanya sampai akar-akarnya sekaligus untuk menyelamatkan diri.. hahahaha

  1. Nanti Tuhan yang Atur
sariyogiogi-1502081907940
Sumber Gambar: @sariyogiogi

Kalau dikasih jawaban kayak gini, kalian cuman bisa diam kan? Hahaha mau meledek bagaimana lagi? Toh, semua yang terjadi dalam hidup ini “Tuhan yang Atur” terlebih soal jodoh. Jadi tetap lah menanti jodoh yang terbaik, karena sekali dapat, dapatnya dari Tuhan.

  1. Padolo Mi ke
dy_weddinghouse-1502077056635
Sumber Gambar: @dy_weddinghouse

Kamu kapan nikah? “Padolo mi ke” yang artinya Kamu duluan saja deh.. hahaha.. gimana masih mau bertanya? Syukur kalau kamunya sudah nikah, kalau belum? Kemakan jebakan sendiri deh.. hahahaha.. Padolo mi ke aku mora undi.. wkwkwk

  1. Apara ra la mu bawanna’ ke nikah na’? mu mekutana-tana mora?
gamara_photo-1502081258203
Sumber Gambar: @gamara_photo

Menghindari pertanyaan yang sulit dijawab adalah dengan bertanya balik. Contohnya seperti opsi 7 ini, berusaha menghindari pertanyaan Kapan nikah dengan jawaban “Kamu mau bawakan saya apa kalau saya nikah? Karena kamu sudah bertanya duluan. Karena biasanya orang yang banyak nanya itu sudah mempersiapkan lebih dahulu, wkwkwk. Makanya ini salah satu alternative menghindari jawaban kapan nikah cammane?

akuphotowork-1498893774922
Sumber Gambar: @akuphotowork

 

Nah, Itu dia 7 Jawaban Unik sekaligus Kocak dari Orang Toraja ketika ditanya kapan menikah? Jangan takut menjawab pertanyaan Kapan Nikah karena kunci jawabannya sudah terlampir diatas ya. Memang menyebalkan tapi itulah Hidup, kamu tidak perlu lari dari kenyataan bahwa sampai sekarang belum juga menikah. Boro-boro mau menikah? Pacar saja kagak punya? Santai saja,  Toh kamu masih muda, masih punya masa depan yang panjang, Nikmati saja Prosesnya. Percayalah.. Dibalik penantian yang panjang ada pasangan yang terbaik. Tinggal masalah waktu saja.

Jadi, Kamu Kapan Nikah? hahahahahaha

BACA JUGA:
Advertisements

One Comment Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s