TENTANG SAYA

Hello…

Nama saya Eunike Pakiding. saya anak pertama dari 2 bersaudara.Saya lahir tanggal 22 september 1996. Jadi sekarang saya berumur 20 Tahun..

Riwayat Pendidikan Formal :

  • SDN 214 INP KALUMPANG
  • SMPN 1 MAKALE
  • SMAN 1 MAKALE

RiwayatPendidikanNonformal:

  • Lulusan Staff Airlines dari Sekolah Penerbangan Airliness Bussines Career Tadika Puri Branch Makassar Tahun 2014.

Mungkin anda bertanya kenapa saya mau ikut pendidikan nonformal dengan mengambil jurusan itu?

Intip sebentar yo, sapa Tahu memotivasi anda.. 🙂

begini ceritanya, sejak SMP saya itu punya cita-cita jadi ASTRONOT. Anda yang baru pertama kali mendengar cita-cita saya pasti tertawa, teman-temanku pun dulu juga seperti itu. NO PROBLEM buat saya. Hahahaha..

Saat SMA cita-citaku berubah lagi ingin jadi seorang PILOT kalau tidak bisa jadi pilot minimal jadi PRAMUGARI lah. Karena biaya untuk sekolah penerbangan tidak sedikit, saya browsing di internet untuk pendidikan penerbangan yang murah, berkualitas, serta sehabis pendidikan bisa langsung kerja.Yang sebenarnya saya mau sekali masuk ATKP MAKASSAR. Tapi mau di apa? Kondisi Financial yang tidak mendukung. Makanya saat lulus SMA saya mengikuti pendidikan penerbangan selama 6 bulan untuk Teori.Setelah 6 Bulan saya lulus dengan peringkat 1 terbaik di cabang saya.

Perjuangan saya tidak berhenti sampai disitu, saya kemudian ikut ON THE JOB TRAINING di PT. GAPURA ANGKASA cabang Balikpapan di bandara international Sultan Aji Muh. Sulaiman Sepinggan Balikpapan di bagian OPERATION Selama 1 bulan. Kerjaan saya isi Loadsheet. Menghitung muatan pesawat, cargo, penumpang, dll semuanya di isi di lembaran loadsheet. Habis itu diantarlah ke pilot. Jadi tiap hari kita berinteraksi dengan orang-orang hebat.Di bagian sini saya merasa impian saya sudah dekat tinggal 2 langkah lagi Tuhan, kabulkan dan tuntunlah saya, kataku dalam hati. Habis di OPERATION saya di rolling lagi di bagian CHECK IN CITILINK di situ tempat yang benar-benar butuh kesabaran. Banyak karakter manusia yang kita temukan, Ketika  penumpang complain sesuatu, marah-marahlah, dll jadi pintar-pintarnya kitalah untuk menangani itu.

Akhirnya OJT saya selesai, tinggal mencari pekerjaan, di sini saya sangat berharap pekerjaan saya kelak tetap di bandara dengan posisi yang saya impikan. Tapi Tuhan berkata lain, sehabis OJT saya mencari pekerjaan di Balikpapan selama 3 bulan saya mencari pekerjaan di sana. Al-hasil Tuhan bilang saya harus kembali ke Makassar.Di sini saya bergumul berat denganTuhan. Saya sudah berusaha dengan keras, kenapa di saat 90% target saya tercapai, Tuhan Turunkan itu jadi 0 (NOL). Betapa sakit hatinya saya dengan Tuhan.

Saya Terpaksa Pulang ke Makassar dengan pasrah, kelak di sana saya dapat pekerjaan yang saya impikan. Saya pulang dan check in di bandara, saat check in di bandara Supervisor tempat saya dulu OJT bilang kayak gini “mba’ maupulang? Loh…Kenapa pulang mba’ disini kita ada resign 2 orang, kami sempat mencari kontak anda tapi ngak ketemu”, kata beliau dengan Dialeknya.

Saat itu pikiran saya benar-benar kacau. Saya bilang … “kenapa kasihan Tuhan Mu putar-putar sekali hidupku, bennak kasannangan sidi’ bang”. begitulah kacaunya pikiran saya pada saat itu, saya terpaksa lanjut check in saja, lalu boarding kemudian terbang ke Makassar. Saya berharap di Makassar akan ada pekerjaan yang lebih baik.

Bulan  Juny 2015 saya di Makassar.Saya ikut test kesana-kemari. Test di bandara, saya tidak lolos, testnya FULL ENGLISH (yake basa toraya aku mo jagona). saya pun ikut jobfair, akhir nya saya kerja di perusahaan besar, saya kerja di situ 1 bulan dan tidak ada kejelasan soal gaji. upah saya tidak ada sepeser pun, saya keluar. ini lagi 1 pergumulan yang Tuhan kasih. saya bekerja agar bisa mendapat penghasilan, kalau ceritax seperti ini, saya mau makan apa? Saya menganggur kira-kira hampir 1 Tahun.

BulanFebruari 2016 saya mengikuti Seleksi PRAMUGARI, ternyata yang yang ikut banyak sekali, bukan hanya di orang Makassar saja tapi luar Makassar juga ada. Tinggiku minus 0,02cm. “Nang taek mo lalanna ben na’ puang” padahal saat itu pengeluaran saya untuk ikut test lumayan besar loh.  Pernah juga saya ikut test di perusahaan property saat itu saya pergi dengan teman saya. pikirku biarlah bukan jurusanku yang penting dapat kerja.  Testnya ada 8 Tahap dengan system Gugur. Tahap ke 3 teman saya ini sudah tidak lolos. saya merasa tidak enak dengan dia, karena info awal soal lowongan ini dia yang beritahukan. Sementara saya masih lanjut. Yah.. Puji Tuhan saya Lolos sampai Tahap Akhir. Saya masih ingat yang mendaftar saat itu hampir 300 orang. Sementara yang di terima hanya 56 orang. Termaksud saya salah satunya.Saat itu ketika di bagikan FORM CALON KARYAWAN BARU UNTUK diisi, seorang datang di samping saya“ Kenapa Kig Lolos na Ijazah SMA jikig” kata dia dengan logat Makassarnya. Tertampar muka saya saat itu.Saya jawab mi juga pakek logat Makassar “Kita iya? Lolos kig”.Dia jawab mi juga “TIDAK KASIHAN”.Ta’pa ma’ PALLAK NAK. Inda sua ninak ma’ kada susi to taek sia palek na lolos na rendahkan bang Tau. Dengan bangganya dia berkata “Padahal Ijazahku S1 Kehutanan, Dari universitas terbaik lagi, tapi kenapa ndak lolos Kag.” Saya yang mendengarkan dia pada saat itu langsung pergi meninggalkan dia. BIARKAN DIA BERKEMBANG…!!! Ucapku dalam Hati sambil mengelus-elus dada. Tuhan kasih kesabaran.

Selang 15 menit sesudah kejadian itu, ada info dari perusahaan bahwa yang lolos hari ini nanti akan di SMS kapan bisa masuk kerja. Saya pun pulang dengan senang, akhirnya dapat pekerjaan. Setelah 1 minggu berlalu sampai sekarang pun di Tahun 2016 TIDAK ADA SMS YANG MASUK.Saya berhenti berusaha. jangan ditiru yaaa..

Ketika terus menerus di tolak di perusahaan saya sudah bosan mencari pekerjaan. Jadi saat itu kerjaan saya TEKAK BUNTU. Hahaha . mendaki gunung jika ditranslatekan dalam bahasa Indonesia. NO PROBLEM untuk hidup selanjutnya. Biar na pekerjaan mi yang cari saya nanti, karena saya sudah setengah mati mencari dia. Ada saja namanya gagal. Jadi saya lebih suka mendaki, mendaki dan terus mendaki. Rute perjalanan saya saat itu dari Toraja sampai bulukumba. Hampir tiap minggu saya nanjak. ketika ada ajakan dari teman, saya selalu ikut.

sampai suatu saat saya di kagetkan sama Tuhan. apakah saya akan begini terus? jalan. jalan. jalan dan jalan, uang mau ambil darimana lagi? kasihan orang tua. muncul di pikiran saya untuk kembali mencari pekerjaan. saya mencari pekerjaan sambil membuka usaha ONLINE SHOP ALAT-ALAT OUTDOOR yang sampai sekarang masih saya tekuni. yah. walaupun hanya bisnis kecil-kecilan setidaknya saya punya uang jajan sendiri dari untung yang saya peroleh. Dan Puji Tuhan sekarang saya sudah dapat kerja sambil menjalankan bisnis online shop saya.

mungkin saat ini kita gagal, esok kita akan jadi pribadi yang dahsyat. Tuhan sudah janjikan itu. Berdoa dan bekerja. Tuhan ingin kita berproses. Karena Usaha tidak akan mengkhianati hasil. 🙂

99 kali kamu jatuh bangkitlah minimal 99 x 2 maka hasil yang kamu peroleh 99999999999999999999 dstt… tak terhingga jumlahnya… sambil kamu menerima hasil itu, luangkan waktu juga untuk memberi sebagian dari hasil itu. berbagi untuk sesama. Tuhan Akan berikan yang lebih banyak lagi.

Mudah-mudahan bisa jadi motivasi buat teman-teman 🙂

 

Advertisements